July 31, 2009

Mari Bertukar Link

masih dalam rangka usaha meningkatkan PR, kalau kita baca artikel tentang cara meningkatkan PR tentu topiknya tidak jauh dari bertukar link, karena dengan bertukar link terbukti sangat efektif untuk meningkatkan PR. tapi bertukar link bukanlah hal yang mudah bagi blogger baru seperti saya, blogger baru harus rajin-rajin berkunjung ke blogger senior untuk meninggalkan komen sambil berharap mereka mau merespon ajakan bertukar link dari kita, dan kita juga harus maklum kalau para blogger senior tidak merespon atau lama responnya terhadap ajakan bertukar link, pasti mereka sibuk dengan target mereka, dan pasti akan mendahulukan blogger yang sudah menjadi anggota mereka dalam hal bertukar link (pelanggan lama diutamakan), apalagi bertukar link dengan blogger yang PR nya kecil atau belum punya PR tidak lebih menguntungkan dari pada blogger yang sudah memiliki PR banyak karena itu juga berdapak pada peningkatan PR. untuk menarik perhatian blogger senior, kita tidak boleh mudah menyerah, kunjungi terus dan terus kasih komen dan komen lagi masa iya mereka tidak kasihan sama blogger baru, pasti suatu saat mereka juga akan penasaran untuk berkunjung ke blog kita.
terima kasih sekali buat para blogger yang sudah mau bertukar link dengan saya, ada kebanggan tersendiri buat blogger baru bila ada blogger lain yang mau mampir sekedar blogwalking sambil meninggalkan koment, walaupun sekedar say hello tapi dampaknya sangat besar untuk peningkatan PR,
apalagi untuk PR alexa yang menurut saya lebih melihat jumlah pengunjung tetap dan banyaknya komen disetip postingan.
buat blogger-blogger baru seperti saya yang kebetulan sampai diblog ini dan mau bertukar link tentu saja saya akan senang sekali menerima ajak bertukar link anda, dan akan langsung saya link back blog anda begitu saya melihat blog saya ada diblog anda, asalkan blog anda bukan blog yang berisi tentang sara, porno, dan semua hal-hal yang menjelek-jelekkan pihak lain.
menjadi member/follower diblog teman juga bagus untuk mengenalkan blog kita, karena ada orang lain yang akan melihat profil blog kita dan menurut saya itu menguntungkan kedua belah pihak, bagi follower tentu ini semacam promosi gratis, bagi blog yang diikuti itu menunjukan bahwa blognya disenagi oleh orang-orang.
walaupun bertukar link bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan PR, tapi dengan bertukar link bisa menambah teman, dan memudahkan kita untuk mencari solusi kalau kita mendapat masalah karena kita sudah tau apa saja isi dari blog teman-teman kita, mungkin saja pengalaman dari teman-teman yang mereka posting bisa untuk kita pertimbangkan.


4 komentar:

TRIIMATRA said...

Menthaluss.blogspot.com Perkiraan Nilai Rp 893,668.24 (webvaluer.org)

hehehe iseng2 cek nilai jual blog ini

Dev said...

betul mas, banyak banget blog yg udah punya nama malah jadi sombong ya..bukannya membantu blogger baru malah melupakan blogger2 baru seperti saya :(
padahal apalah arti blog mereka tanpa pembaca yang mayoritas adalah blogger2 baru yang ingin belajar dari mereka..
Kalo saya sendiri punya cara lain dalam bertukar link mas..dengan mengubah blog saya jadi dofollow blog. krna menurut saya link di komentar blog dofollow lebih baik nilainya dimata search engine ketimbang link exchange yang udah mulai kebaca sama google bot..saya sendiri malah memasang tag no follow di blogroll saya tetapi memasang dofollow untuk pemberi komentar..itu sebagai rasa terima kasih saya buat pembaca yang merespon tulisan saya yang seadanya.he..

bu melfa said...

nitip link disini ya....

Assep Purna Mulyanto said...

mas. linknya udah saya tarok di sini ----> http://indonesia-malaysia.com/?page_id=939 Moga-moga mas menthaluss sudi untuk menarok link blog saya di blog ini hehehe makasih mas...