July 24, 2009

Intip isi komputer kita


Ingin mengganti, meng-update driver, software atau ingin meng-upgrade ke level yang lebih tinggi tentu kita harus cari tau apa saja yang tertanam didalam komputer mulai dari merk, spasifikasi dan jenis part yang ada, karena kalau tidak tau apa yang ada dalam komputer kita akan kesulitan mencari software atau driver yang cocok. Ada beberapa cara untuk mengetahui bagian-bagian komputer, yang paling mudah adalah telephone ke penjual komputer, tanyakan apa saja yang bisa kita ganti dan apa yang tidak boleh kita ganti dengan menyebutkan no seri komputer yang kita beli, tapi bagaimana kalau komputer yang kita beli adalah komputer bekas dan komputer tersebut komputer rakitan dari toko, walaupun kelihatannya cara ini mudah dilakukan tapi sepertinya cara ini bukan pilihan yang bagus. Cara yang kedua adalah bongkar sendiri komputernya, lihat apa saja yang ada dan berapa kapasitasnya. agak repot memang dan resikonya kalau kita Cuma bisa bongkar tapi tidak bisa pasang, bukannya bener malah rusak komputer. Cara yang ketiga ini cara yang aman dan tidak perlu merepotkan orang lain. Install aplikasi yang bernama everest, aplikasi ini bisa untuk mengetahui komponen yang tertanam didalam komputer, seperti motherboard, chipset, bios, jenis storage berapa spesifikasinya, dan sistem operasi yang digunakan termasuk jumlah memory yang sudah terpakai secara mendetail, walaupun aplikasi ini bagus tapi kita bisa menggunakannya secara gratis bukan aplikasi trial yang ada masa aktifnya. Bagi yang ingin meng-update driver-driver komputernya dan belum tau komponen yang ada didalam komputer tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini.


4 komentar:

Daniel said...

harus banyak-banyak belajar nih, yang beginian kurang begitu paham :)

Dev said...

bermanfaat sekali mas..makasih udah share pengalamannya..download softwarenya dimana ya?siapa tau bisa saya share di blog Free Download saya..

irvan said...

carinya dimana sob
Bisa dipake buat baca hardware ga ya, misalnya soundcard onboard, kadang sy tau merknya tapi ga tau tipa/seri apa, jadi susah mau cari drivernya.
Udah coba beberpa software buat baca driver ga dapet informasinya juga

abecho said...

@ Daniel, bener mas kita memang harus banyak belajar, itulah enaknya punya blog, bisa cari temen sambil belajar hal-hal baru, makanya sy bikin blog

@ Dev, coba download disini mas http://www.filehippo.com/download_everest_home/

@ Irvan, carinya coba buka link diatas mas, setau sy kita bisa melihat informasi mengenai type, serial, jenis komponen yg ada dikomputer kita, soalnya pas sy coba semua nya bisa ke baca dengan everest, mas irvan sudah coba everest belum ?