July 21, 2011

Mengatasi CD / DVD-ROM Tidak Bisa Dibuka

CD / DVD-ROM memang sudah pasti ada dalam sebuah PC ataupun laptop, karena fungsinya yang sangat mendukung untuk para pemakainya. Selain digunakan untuk membuka sebuah file berformat CD atau DVD, juga untuk membakar (burn) file untuk keperluan. Seringkali juga digunakan untuk memutar film berformat VCD, DVD, atau format lainnya.

Semakin lama usia pemakaian CD / DVD-ROM tidak menutup kemungkinan terjadi masalah, seperti tidak terdeteksi oleh komputer, driver error, atau hal lainnya. Dalam hal ini saya ingin membantu rekan sekalian yang mempunyai masalah macet pada CD / DVD-ROM atau tidak bisa dibuka.

Jika hal tersebut terjadi, jangan sekali-kali mencoba membuka ROM dengan mencongkelnya menggunakan obeng karena akan semakin memperparah kondisi ROM nya itu sendiri. Coba perhatikan dalam ROM tersebut, biasanya disitu ada sebuah lubang kecil seukuran lidi. Nah, lubang itu berfungsi jika ROM memiliki masalah macet atau susah dibuka.

Untuk membukanya, bisa menggunakan paper clip, caranya yaitu luruskan ujung kawat paperclip hingga memanjang, tidak perlu seluruhnya diluruskan, cukup setengahnya saja. Lalu colok dan dorong ujung paperclip tersebut pada lubang ROM tadi, sehingga panel yang ada didalam ROM tersebut terdorong oleh paperclip tadi dan akan membuka ROM yang macet. Biasanya ketika kita membeli CD / DVD-ROM sudah disediakan kawat untuk digunakan jika mengalami masalah tersebut...

9 komentar:

nurrahman said...

bener tuh, biasanya pake peniti juga bisa :D

beni said...

iya., saya suka pake peniti atau apa aja yang penting bisa pake nyolok lubangnya... :D

distributor sprei murah said...

thanks your info and great blog article and quality, success and greetings greetings bloggers

HP Pavilion dm1-3200sa Specs said...

HP Pavilion dm1-3200sa Specs

Anonymous said...

kirain ada cara betulinnya,,kalo cara itu sih mayoritas udh pada tau

Mbah Dukun Bagong said...

Lobang kecilnya yang mana ya gan, posisinya di bagian mana dari cd roomnya?

apurie said...

saya pernah tuh mo buka CD-ROM eh laptopnya udah keburu mati..ya pake paper clip jadi senjata...

asri said...

info yang sangtt bermanfaat

desy said...

terima kasih untuk informasi yang bermanfaat :)