October 23, 2009

Cara membuat print screen

Print screen adalah gambar yang diambil dari tapilan layar komputer pada saat yang diinginkan, misalnya saya mau mengambil gambar saat menulis diblog untuk diposting seperti saat menulis postigan kali ini, yang perlu dilakukan hanya menekan tombol (prt scr) yang ada pada keyboard, letaknya dekat dengan tombol (insert, home, delete) lalu klik start menu, all programs pilih accessories lalu pilih paint setelah keluar tampilan paint klik edit terus klik paste, sudah keluar tampilan seperti yang kita inginkan tinggal diatur gambar yang mau disimpan apakah satu halaman penuh atau hanya sebagian saja dengan cara di potong kalau istilah diphotoshop di (crop tool). tapi pada paint cukup di select gambar yang diinginkan dan dipotong secara manual (vtrl + x) atau "cut" lalu klik(ctrl + n) untuk membuat halaman baru, kalau ada konfirmasi apakah gambar akan disimpan pilih tidak, karena gambarnya memang belum sesuai yang kita inginkan, setelah keluar halaman baru klik (ctrl + v) atau "paste" kalau sudah selesai disimpan dengan format jpeg, gif, png, atau tiff. sekarang coba lihat hasilnya, buka gambar yang sudah kita simpan tadi dengan ACDsee atau picture and fax viewer.










sebenarnya membuat print screen itu mudah sekali, tapi bagi yang belum tau caranya seperti saya saat pertama kali disuruh buat print screen jadi bingung sendiri, akhirnya saya tau cara membuat print screen juga dari internet, browsing di google ada penjelasan bagaimana caranya membuat print screen, mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang baru belajar komputer seperti saya dulu, bagi teman-teman yang sudah jago komputer maaf kalau sudah kesasar ke blog ini

16 komentar:

nurrahman said...

kunjungan bos...yup, saya sering sekali pake print screen buat keperluan desain :D

wibisono said...

mampir kang,, sebenarnya kalo mau printscreen dalam video bisa kok,, pakai snagit atau pakai program yg lain,,dos

ardy said...

thanks yo ....
kebetulan gua lagi butuh info ini
kebetulan mampir ke tempat yang tepat
sekali lagi thanx
^_^

Maya said...

thanks,.berguna banget,.nambah ilmu,.

mei-mei said...

mksh atas infonya...
dulu sempet diajarin sm ibu guru,tp udah lupa.

gunturina said...

thanx ya..

Anonymous said...

thanks yaa,nambah ilmu. ^^

tentang-cinta said...

Sumpah mas . . .
Ini Sangat bermanfaat sekali untuk saya yang masih pemula ini ??
thanks bro ??

cakngepmawon said...

makasih gan, ilmune manfaat nih apalagi buat pemula

YOTO said...

makasih..bos...sangat membantu..
mampir bos di website saya...kasih saran gitu lho...
dan salam sukses untuk kita selalu....
makasih
( YOTO RENGAT-INHU-RIAU )

Vien Boy said...

Terima kasih banyak sangat bermanfaat sekali nih tapi kalo punya materi mengenai share point designer 2007 minta dibantu donk

Anonymous said...

thank you bro, gue baru aja disuruh buat print screen ma dosen gue

blogku said...

izin kopas ya
moga jadi manfaat

beni said...

mampir gan..

MTs.'AISYIYAH SUMUT said...

Ok... Tank's Pak, Kami akan coba. balas kunjungan ke http://mtsaisyiyahsu.blogspot.com

rumah_asbes said...

oooooh... gini toh cara buat prtscr..........
terimakasih banyak.... sangat bermanfaat, moga tambah banyak pahalanya...