September 07, 2009

Copy Paste....Lagi

Copy paste... wah ini kegiatan yang menyengangkan bagi sang peng-copy tapi menjegkelkan bagi sang korban (yang di-copy maksudnya), waduh kok jadi ada korban serem banget istilahnya.... pemilik original tentu saja tidak suka kalau buah karya kebanggaanya digunakan oleh orang lain untuk kepentingan pribadi tanpa seijinnya, apalagi karyanya itu bisa mendatangkan keuntungkan, para peng-copy ini sebenarnya membodohi dirinya sendiri karena dia tidak mau berpikir bagaimana caranya menciptakan sesuatu yang berguna, dia hanya berpikir bagaimana mendapatkan hasil yang bagus, tapi buat apa hasil bagus kalau hasil dari copy paste (copas)
copas bisa terjadi dimana saja, dikalangan blogger copas bukan hal yang aneh, dengan berbagai alasan orang mau melakukan copas, misalnya karena artikel yang bagus dia pengen banyak pembaca yang datang ke blognya, untuk menambah postingan diblog biar kelihatan terurus, malas menulis, tidak punya ide, dan masih banyak lagi alasan yang lain. hal seperti ini sebenarnya bukan saja sang blogger yang di copy yang dirugikan tetapi yang meng-copas juga rugi termasuk pembaca yang sedang mencari artikel. ketika sedang browsing di google saya sering menemui artikel yang sama persis baik isi maupun bahasa dan cara penulisananya cuma beda nama blognya, buat orang yang sedang mencari informasi pasti tidak ingin membuka halaman web yang hanya berbeda diluarnya terapi isinya sama, cuma buang-buang waktu, walaupun copas itu sendiri tidak begitu diperhatikan para blogger dan ada blogger yang mempersilahkan pengunjungnya untuk meng-copas sebagian atau keseluruhan isi artikelnya dangan syarat sang peng-copas menyertakan link miliknya. padahal cara seperti ini tidak bagus bagi blogger yang sedang mengejar PR karena google bisa mengetahui kapan dan dimana dia pernah mendapati tulisan semacam itu sebelum di blog tersebut. jelek-jelek hasil pemikiran sendiri lebih baik dari pada bagus tapi hasil copas.
kalau sudah tidak ada ide sebaiknya gunakan prinsip ATM (amati, tiru, dan modifikasi) amati hal-hal seperti apa yang disukai banyak orang, tiru bukan berarti copas tirulah caranya agar yang kita buat bisa semenarik yang kita tiru dan modifikasi, lihat kelebihan dan kekuarangannya lalu manfaatkan itu, dengan mempelajari dari hal-hal yang kita lihat lalu kita satukan sehingga menjadi sesuatu yang beda itu lebih bagus dari pada melakukan copas.
dikalangan pelajar dan mahasiswa copas juga bukan sesuatu yang aneh lagi, dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi informasi tidak serta merta menjadikan para pelajar dan mahasiswa kreatif, ada sebagian dari mereka yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendapatkan hasil yang instan dan copy paste (tentu saja tidak semua pelajar seperti itu, itu hanya ulah sebagian okmun pelajar yang malas) tekhnologi memang diciptakan untuk memudahkan kebutuhan penggunanya tapi jangan disalah gunakan, copas bukan cara pintar untuk maju tapi cara pintar untuk mundur.

6 komentar:

Daniel DPK said...

pertamaxx...SETUJU BANGET!!

budaya copy paste memang kurang baik karena bisa menutup kreatifitas atau ide seseorang dalam melakukan penulisan..

tapi selama kita tetap mencantumkan referensi artikel kita, maka masih bisa ditolerir..

kalo di blog saya, saya mempersilahkan utk mengcopy-paste ASAL disebutkan sumbernya..toh informasi dalam blog saya adalah milik publik dan saya berhak menyebarkan informasi tersebut kepada publik..bukankah esensi dari blog adalah kebebasan berekspresi thd publik itu sendiri..he..he..toh,nanti publik sendiri yang akan menilai..

kalo untuk maslah mengejar PR maka saya no comment aja...

http://main-conspiracies.blogspot.com/

nurrahman said...

sepakat....walopun mungkin pada dikasih sumbernya mana, tetapi akan lebih baik...semua hasil karya sendiri...tidak plagiat :D

wibisono said...

Alangkah baiknya menulis dari hasil tulisan sendiri.. Namun kalo kopi paste boleh asalkan mencantumkan sumbernya.. Informasi yang sudah disebarkan di internet memang tujuannya untuk disebarkan kepada orang lain.. Sebagai seorang penulis ya wajib mengetahuinya.. Jika ingin tulisannya aman tanpa kopi paste ya di simpan aja di flashdisk trus ditaruh dilemari besi.. hehe

udah tak kasih link di blogku.. salam kenal mas.

Dev said...

Setuju mas..budaya copy paste emang kurang bagus walaupun mencantumkan sumbernya..lebih baik kalo lagi ga ada ide membaca blog2 luar dan memposting ulang dengan bahasa kita, setidaknya kita sudah membantu membagi ilmu buat teman-teman yang kesulitan dengan bahasa inggris..

Gostav Adam said...

Maksutnya blogrollnya mas dah saya pasang. Linknya gak ketemu ya

mampir ke blog kami

blog bisnis arton said...

ATM, ini yang gw setuju, perbaiki dan kembangkan.. great bro..,